http://www.textspace.net/index.php Kerajinan Tradisional: Batik Jawa Timur

Sabtu, 08 Desember 2012

Batik Jawa Timur

Indonesia memiliki khasanah budaya yang luar biasa, yaitu Batik. Dan tak di pungkiri lagi, bahwa Indonesia juga memiliki banyak pusat kerajinan Batik, dimana antara daerah satu dengan daerah yang lain , mempunyai motif batik yang berbeda-beda. Keaneka ragaman motif Batik ini, di pengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain cara hidup, lingkungan sekitar, kepercayaan dan faktor-faktor yang lain.
Selama ini, yang paling dikenal publik adalah batik-batik dari Solo, Jogja dan juga Pekalongan. Ketiga daerah tersebut memang adalah pusat kerajinan Batik di Jawa Tengah. Namun, ada satu daerah di Jawa Timur yang juga memiliki kerajinan batik yang tak kalah cantik dan menarik bila di bandingkan dengan batik-batik dari Jawa Tengah.
Adalah kota Tuban, yang terletak di pesisir pantai utara Jawa Timur, yang memiliki batik khas yang disebut Batik Gedog. Pusat kerajinan Batik Gedog Tuban, ada di Kecamatan Kerek. Batik Gedog bisa di kategorikan sebagai batik pesisiran. Seperti ciri khas batik pesisiran pada umumnya, Batik Gedog mempunyai motif dan warna yang lebih berani dan “ngejreng”.
Ada banyak ragam motif dari Batik Tuban ini, seperti panjiori, kenongo uleren, ganggeng, panji krentil, panji serong dan panji konang. Tiga motif batik terakhir dahulu kala konon hanya dipakai pangeran.Batik motif panji krentil berwarna nila justru dinyakini bisa menyembuhkan penyakit. Salah satu ciri khas Batik Gedog adalah warna nila yang gelap, yang selalu identik dengan Batik Tuban. Selain itu, sekarang ada banyak motif-motif modern yang di ciptakan oleh para pengrajin Batik Gedog.
Dalam pembuatannya, Batik Tulis Gedog Tuban ini juga menggunakan bahan pewarna alami, yang ramah lingkungan dan juga relatif tahan lama. Apalagi, Batik Gedog Tenun yang menggunakan bahan pewarna alami, konon warnanya bisa bertahan hingga puluhan tahun.
Pokoknya, Batik Gedog Tuban memiliki daya saing yang tinggi di pasaran. Sekarang tinggal kita, sebagai orang Indonesia harus bisa melestarikan warisan-warisan budaya yang cantik ini. Bukan hanya sebagai konsumen, tapi juga mungkin sudah saatnya kita mencari cara agar Batik-batik Indonesia, bisa lebih dikenal di seluruh dunia.
Sumber :http://theangel.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar